Sabtu, 08 Januari 2011

TATA PANGGUNG DALAM ACARA TELEVISI SEBAGAI SARANA MENYAMPAIKAN SUASANA DARI TEMA YANG DI SAJIKAN

Pendahuluan
Media, perkembangan media di Indonesia saat ini bisa di katakana sangat pesat, baik itu cetak seperti Koran ataupun yang bersifat audio visual yaitu televise. seiring dengan perkembangan jaman, masyarakat sudah mulai menyesuaikan tentang bagaimana memilih media sebagai sarana untuk memperoleh informasi, baik hiburan, gossip selebriti,juga berita tentang Negara Indonesia, untuk memperoleh semua informasi itu tentunya masyarakat menyesuaikan dengan perkembangan tekhnologi yang saat ini informasi dapat di peroleh atau dinikmati secara audio visual yaitu berupa media televise, yang mana televise sudah tidak asing lagi bagi kalangan masyarakat bahkan di Negara kita televise merupakan media paling efektif selain media internet dalam penyaluran informasi terkini.
Latar Belakang
Fenomena kenapa media televise sebagai media yang dipilih oleh masyarakat luas, karena televise bisa di nikmati secara audio visual bahkan semua kalangan baik itu menengah kebawa bisa menikmati televi,bahka sebagian besar masyarakat Indonesia di setiap rumah sudah memiliki media tersebut. lain halnya dengan media internet , yang mana media internet mungkin informasinya lebih cepat di bandingkan televise, namun media ini tidak dapat di kuasai oleh semua kalangan karena dalam pengoprasianya lebih menggunakan tekhnologi modern seperti computer dan hal itu tidak memungkinkan semua masyarakat bisa menggunakannya karena masih banyak masyarakat  yang ketinggalan dengan tekhnologi itu.  televise  menjadi media popular karena didalamnya mengandung unsure yang dapat mempengaruhi khalayak ramai bahkan dengan waktu yang singkat media televise mampu mengubah kebudayaan bagi kalangan tertentu seperti anak muda contohnya, dengan tayangan yang di sajikan secara lagsung mulai dari gaya bahasa, pergaulan sampai dengan fasion sanatlah cepat pengaruhnya. berkaitan dengan pengaruh besarnya televise bagi masyarakat, itu semua tidak lepas dari konsep program atau tayangan yang akan di sajikan dari pihak stasiun televise.

Pokok Bahasan
Terkait dengan media televise, bayak sekali elemen-elemen penting untuk meningkatkan mutu dari tayangan televise, seperti halnya konsep acara,konsep tata panggung/artistic acara televise yang bersifat LIVE ataupun tidak, mengapa demikian karena media televise merupakan media yang bersifat audio juga visual jadi pengaruhnya sangat besar sekai bagi pemirsanya.
Dalam hal ini saya sebagai penulis tidak merubah acara yang ingin saya bedah atau di kaji. dalam bahasan kemarin saya mengupas tentang acara talk show kick andy yang di tinjau dari konsep acaranya, yang mana dari setiap  episode acara ini menghadirkan bintang tamu yang berbeda-beda sesuai dengan tema dan di situ Andy f noya sebagai host/pembawa acara mempunyai peran besar dalam meguasai acara yang dibawakanya. Hal-hal yang mempengaruhi peran kuasa dalam membawakan acara talk show sehingga Andy f noya mampu dan tegas dalam memberikan pertanyaan kepada bintang tamunya apakah pertanyaan itu menyinggung perasaan ataupun tidak, hal tersebut menunjukan bahwa prestasi dan kuasa kepemilikan program acara televise mampu mendongkrak penguasaan perbincangan dalam sebuah acara talk show yang di bawakan oleh Andy f noya dalam acara Kick Andy.
Seperti yang tersebut di atas bahwa peran kosep acara baik dinilai dari program ataupun artistic, sangatlah memberikan pengaruh besar bagi tayangan televise, karena media tersebut sifatnya audio visual. setelah beberapa kali saya menikmati acara kick andy dan saya membahas tentang konsep penguasaan program, disini saya berlanjut dan tertarik untuk mengkaji tentang penataan artistic panggung dalam sebuah acara talk show kick andy. bayak sekali beragam acara talkshow di stasiun televise swasta nasional di Indonesia, berdasarkan pengamatan saya selama ini sudah bayak acara talk show yang sudah memperhatikan bagaimana bentuk artistic menyesuaikan kebutuhan dari tema yang akan di tayangkan dalam setiap episodenya. hal mengenai tata panggung dalam sebuah acara televise bersifat Live ataupun tidak, itu sangatlah penting karena itu menyangkut daya tarik, penyampaian suasana acara, juga penyampaian tema kepada pemirsa yang melihatnya.
Dalam episode tutup tahun 2010 yang di laksanakan tanggal 30 desember kemarin KICK ANDY menayangkan beberapa club / komunitas unik yang ada di Indonesia, Kick Andy mengajak pemirsa melihat beberapa komunitas yang muncul dalam masyarakat. Mereka tidak terbentuk begitu saja, diawali adanya faktor pemicu yang menyebabkan kegelisahan seorang individu. Persamaan atas kegelisahan yang ada, kemudian mendorong keinginan untuk berbagi dan berkomunikasi dengan individu lainnya. Akhirnya muncul kepercayaan di antara mereka, lalu menjadi saling mempengaruhi, dan berpartisipasi. komunitas iru diantaranya adalah ,
Komunitas Parkour. Parkour, bisa dikatakan sebagai olahraga yang identik dengan lari dan melompat. Parkour dikenalkan ke seluruh dunia oleh seorang pria berkebangsaan Perancis yang dikenal dengan nama David Belle. kemudian ada lagi komunitas yang datang dari kota Yogyakarta, yaitu Komunitas sepeda tinggi. Di Yogyakarta, komunitas “pit dhuwur” selalu mencuri perhatian dan menjadi pemandangan yang unik di jalan-jalan kota. kemudian Komunitas musik elektronik SoundBoutique. komunitas yang bergerak di dunia musik hib-hob dengan elektro seperti DJ, dan masih banyak komunitas lainya. untuk mengatasi komunitas-komunitas yang bisa dikatakan spektakuler penampilanya penuh atraksi,  tentunya team kreatif metro tv harus mempersiapkan tata panggung yang sesuai dengan mereka, dalam episode inilah acara talk show yang kemasanya seperti acara sirkus dan ini pertama kali saya lihat di Indonesia dalam acara kick andy. hal- hal mengenai tata pentas tentunya tidak mudah apalagi acara yang sebenarnya bersifat obrolan serius menjadi sangat santai dan meriah, hal ini menurut saya merupakan kolaborasi/perpaduan konsep tata pentas yang dijadikan menjadi sebuah satu kesatuan artistic yang menarik untuk sebuah acara talk show, apakah hal ini menjadi sorotan mayarakat atau pengamat acara kick andy? tentu saja itu merupakan nilai plus untuk programmer dan tim kreatif acara tersebut. dengan mengedepankan kreatifitas maka semua unsure yang bebentuk karya seni  akan tercipta suatu keindahan dan hal itu di terapkan dalam acara kick andy.
Di suatu sisi terkadang ada orang yang tidak sependapat jika sebuah acara talk show yang sifatnya bincang serius di kaitkan dengan pertunjukan , apalagi dengan artistic yang bukan layaknya talk show, namun menanggapi hal ini saya tidak begitu mempersoalkan, karena televise merupakan media yang sangat luas dan dari tiap frame yang ingin di tunjukan tentunya ingin mengundang rasa ketertarikan dan penasaran bagi pemirsanya, oleh sebab itu di perlukan kejelian untuk menarik pemirsa dirumah dalam membuat suatu program acara baik itu talk show, variety show dan sebagainya. tata artistic mempunyai peranan penting dalam setiap program acara di televise karena itu merupakan bumbu untuk membawa suasana dalam sebuah acara juga skaligus tempat untuk memaparkan suatu keadaan yang mana sesuai dengan scenario dari acara tersebut.
Banyak sekali cara- cara yang di tempuh dari pihak stasiun televise untuk berhasil dalam penayangan programnya, namun pada kenyataanya mereka tidak bisa menempatkan bagaimana suatu perpaduan acara itu agar tidak melebar ataupun keluar dari bahasan sehingga tetap focus, hal ini mungkin disebabkan karena mereka ingin mendapatkan simpatik dari masyarakat saja dengan mengunggulkan kemeriahan saja atau rating yang tinggi untuk program acara yang di buat atau lebih jelasnya mengedepankan komersial. Dalam ilmu pertelevisian selalu mengedepankan aktuallitas dan tajamnya suatu program untuk menyampaikan tema agar tersampaikan kepada khalayak, tetapi apakah dengan acuan komersial saja pihak stasiun televise dapat tetap konsisten dengan visi-misi yang di anggap sebagai pedoman? menurut saya tidak, karena itu justru akan menjadi boom waktu bagi stasiun televise tersebut seperti contoh kasus stasiun tv swasta nasional TPI yang nyaris bangkrut dan sekarang di dominasi perusahaan lain, menurut saya itu karena tidak konsistenya terhadap visi&misinya karena jelas namanya stasiun tv pendidikan Indonesia tetapi justru tidak sesuai arah dan tujuanya..
Kesimpulan
Artistik bukanlah hal yang menjadi prioritas utama untuk sebuah acara karena yang dinilai dari konsep tentunya, namun bila unsure artistic di tinggalkan juga salah, karena seperti yang saya sebutkan di atas artistic sebagai penyampaian suasana dan tema yang di sajikan. untuk menanggapi tentang bagaimana pentingnya konsep artistic bagi acara televise sangatlah penting sebagai wujud penerapan ilmu tentang pertelevisian yang mana disitu di tuntut kreativitas, seperti contoh acara yang saya sebutkan di atas, yaitu KICK ANDY yang selalu up date dengan tata artistiknya untuk memperoleh suasana agar tidak melebar dari tema yang ingin di sajikan. Demikianlah pentingnya kreatifitas sebagai wujud untuk mengapresiasikan ke dalam rangkaian program  acara televise, dengan ilmu dan visi misi sebagai pegangan untuk merealisasikanya , juga untukmencapai dan terwujudnya Indonesia lebih maju di bidang pertelevisian sebagai media yang unggul untuk menyapaikan suatu informasi pendidikan juga kebudayaan.

by : 
GUNAWAN

(08148106)

0 komentar:

Posting Komentar

About Me

Foto Saya
kovetyellow
Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia
Look At Me FB : donkovetyellow@yahoo.com
Lihat profil lengkapku
Diberdayakan oleh Blogger.

Look This

Loading...
Ada kesalahan di dalam gadget ini

Amazon MP3 Clips

Classic Clock

Yahoo News: Top Stories

Wic Wac Woe

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Cute Puppy Pictures

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Pictures of Lighthouses

Ada kesalahan di dalam gadget ini